Skip to main content

Cara mengirim email lewat hp android di chrome

Postingan kali ini tioalvino akan membahas tentang cara mengirim email lewat hp.Pengiriman email bisa di lakukan di pc atau komputer namun seiring berjalannya teknologi mobile atau smartphone maka mengirim email bisa di lakukan lewat smartphone android di era sekarang ini.
Sebagai pelopor chat berbasis elektronik atau digital ,email bisa dikatakan memiliki track record yang lumayan panjang dalam ranah digital.
Berbagai layanan digital saat ini selalu menyertakan email sebagai pendukung dalam pelaksanaan layanan tersebut.Contoh saja google,setiap kita memakai produk google maka kita tidak akan lepas dengan gmail atau di sebut sebagai google mail.

Email tidak sebatas pada gmail saja tapi sangat banyak sekali di dunia ini yang memiliki layanan email.
Contohnya adalah yahoo mail,yahoo juga sebagai pelopor kemajuan email di jamannya.

Seberapa pentingkah atau seberapa berpengaruhkah menulis email?


Jawabannya adalah sangat relatif sebab itu tergantung dari kebutuhan kita terhadap layanan email.
Jika kita harus mengirim pesan kepada seseorang yang mengharuskan menulis di email sebagai wahana atau medium komunikasinya maka hal itu sangatlah penting.Tapi jika kita berhadapan dengan lawan komunikasi kita yang tidak mengerti ranah digital maka itu tidak lah terlalu penting.

Syarat apa yang harus di penuhi jika kita ingin mengirim email?


Syarat utama adalah kita memiliki gadget yang terkoneksi dengan internet dan terhubung dengan server komputer yang melayani surat elektronik atau email.

Dan yang pasti syarat yang tidak kalah penting adalah kita memiliki alamat email terdaftar.Ya tentu saja harus memiliki layanan email jika tidak maka kita tidak bisa berkomunikasi lewat email.

Jika anda belum punya email lebih baik anda mendaftar dulu,cara untuk mendaftar atau membuat email silahkan baca postingan saya di bawah ini

Cara bikin akun gmail google tanpa verifikasi no hp di android

Siapa saja yang terlibat dan ikut andil saat mengirim email?


Pengiriman email melibatkan 3 hal,
Pertama adalah si pengirim email yang kedua adalah server email yang menangani lalu lintas email tersebut serta yang ketiga adalah si penerima email yang perannya adalah sebagai penerima pesan dari pengirim email.

Kendala apa yang akan di hadapi saat kita berkirim pesan lewat email?


Kendala yang paling umum adalah sering sekali kita temui sebagian orang di dunia ini masih gaptek (gagap teknologi) sehingga kemungkinan pesan tidak bisa tersampaikan kepada penerima pesan sangatlah mungkin.
Ini terjadi karena kurangnya wawasan si pelaku komunikasi terhadap pemahaman dunia di gital saat ini.Kita tahu bahwa saat ini era globalisasi sangatlah terasa,semua orang berlomba dalam hal kualitas dan kecepatan.

Untuk itu sudah semestinya kita sebagai generasi milenial mengerti dan memahami cara mengirim email ,agar di kemudian hari kita bisa mudah dalam berkomunikasi.

Bagaimana cara mengirim email lewat smartphone android


Cara ini akan saya jelaskan step by step atau tahap demi tahap.
Silahkan simak baik baik cara yang saya bagikan ini.
Caranya adalah sebagai berikut:

  • 1. Anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu.Kenapa harus akun gmail?
    Karena akun gmail memiliki layanan berkirim pesan email yang mumpuni dan sangat aman.

  • 2.Buka aplikasi browser chrome lalu  masuk atau kunjungi alamat email gmail yaitu https://gmail.com dan silahkan tekan o.k untuk mengunjunginya.
    Akan lebih baik anda menggunakan web browser atau aplikasi browser milik google yaitu chrome.Denga fitur yang lumayan baik google chrome bisa di andalkan dalam hal browsing atau berselancar di internet.

  • 3. Silahkan masukkan alamat email gmail terdaftar yang anda miliki pada kolom yang sudah di sediakan.
    Lalu lanjutkan menekan tombol berikutnya,dan anda akan di suruh memasukan kata sandi gmail anda.Silahkan anda masukkan kata sandinya dan lanjutkan menekan tombol berikutnya.

  • 4. Setelah itu anda akan masuk ke akun gmail anda,pada posisi ini anda bisa melihat tampilan email anda dan biasanya jika ada email masuk akan langsung terlihat di situ
    .

  • 5. Untuk menulis email silahkan anda tekan tombol pena pada pojok kanan atas gmail anda.

  • 6. Setelah itu anda di bawa ke halaman tempat menulis email.
    Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengisi form atau kolom yang sudah di sediakan.

    1.kolom yang pertama adalah kolom Kpd atau to.kpd kepanjangannya adalah kepada.
    Di kolom kpd/to ini berfungsi untuk menulis alamat penerima email.Silahkan anda tulis alamat email tujuan sebagai penerima pesan email anda.

    2. Kolom cc/bcc untuk kolom ini berfungsi untuk mengirim pesan secara masal.

    * kolom cc (carbon copy) kalau di lihat dari namanya sudah pasti ini mengenai duplikat atau copy.jadi kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengirim pesan kepada email lainnya.Jadi dalam satu kali kirim anda bisa mengirim ke beberapa email sekaligus.Misalnya penerima email utama anda yang anda ketik di kolom kepada atau kolom to adalah a@gmail.com ,nah di kolom cc ini anda bisa menulis email lain misalnya b@gmail.com,bisa anda tambahkan lagi dengan menekan tombol tambah atau plus di samping kanannya misalnya c@gmail.com,d@gmail.com,abc@yahoo.com dst.
    Dengan menggunakan fitur cc ini si penerima email utama yaitu yang tertulis di kolom kepada atau to akan bisa melihat email pemerima lainnya yang ikut dikirimi pesan selain dirinya,jadi yang tertulis di kolom cc ini bisa di lihat oleh si penerima email utama.

    * bcc (blind carbon copy) sebenarnya fungsinya sama saja seperti cc tapi perbedaan yang mendasar adalah si penerima utama yang tertulis di kolom to atau kepada ,tidak akan bisa melihat kepada siapa saja yang menerima email yang di kirimkan kepadanya.

    3. Subjek,kolom ini digunakan untuk menulis judul email yang ingin anda kirimkan.Atau bisa diartikan untuk menulis tema pesan yang anda kirimkan.

    4. Simbol jepit kertas yang ada di sebelah kanan kolom subjek berfungsi untuk membuat lampiran.
    Jadi jika anda ingin melampirkan atau menyertakan gambar atau foto ke pesan email anda maka fitur ini bisa anda gunakan.
    Caranya tinggal anda klik saja lalu pilih lampirkan file dan silahkan pilih file yang ingin anda upload atau anda tambahkan ke pesan email yang ingin anda kirim.

    5. Kolom besar yang ada di bawah kolom subjek merupakan kolom pesan tempat untuk menulis pesan yang ingin anda kirim.
    Silahkan anda tulis pesan anda di kolom pesan tersebut.


  • 7. Silahkan anda klik tombol kirim yang terletak pada pojok kanan atas yang berwarna biru.
    Apabila anda sudah selesai menulis pesan maka tindakan selanjutnya adalah dengan mengirim pesan kepada penerima pesan yang telah anda tulis alamat email pengirimnya.klik tombol kirim maka pesan anda akan terkirim secara otomatis ke alamat yang tertuju.

Apa kelemahan mengirim email?


Salah satu kelemahan yang paling menonjol dari komunikasi atau berkirim pesan lewat email adalah terkadang balasan dari seseorang yang kita kirimin email sangat lama.
Ini juga pengalaman saya saat mengirim pesan ke web web pengaduan masalah melalui email.

Jadi kemungkinan seseorang yang kita kirimin email tidak selalu membuka email yang mereka miliki.Atau mungkin karena jumlah email yang masuk dalam inbox mereka sangat banyak sehingga memerlukan waktu untuk menjawab satu per satu.

Apakah mengirim email bisa lewat android?


Tentu saja bisa,mengirim pesan lewat email bisa dilakukan lewat pc ( komputer) dan juga lewat hp smartphone android.
Bisa hp android xiaomi,oppo,samsung,lenovo,huwaei,nokia,sony dan sebagainya.

Baca juga:

cara menyimpan foto dari google ke galeri hp android lewat chrome

Cara masuk google drive untuk menyimpan file foto dokumen video

cara masuk ke akun google,play store,play game di android dengan benar

cara mengeluarkan akun gmail di hp lain dan hp sendiri lewat chrome

cara menghapus akun gmail di hp xiaomi dan hp lainnya

cara melihat password gmail sendiri di android dengan chrome

Lebih bagus mana mengirim pesan lewat email atau di sosial media atau juga di instant messenger?


Kalau di tanya seperti itu saya menjawab itu semua tergantung kebutuhan kita.
Kita mau mengirim pesan dalam rangka apa?

Jika kita mengirim pesan dalam bentuk lamaran kerja maka pilihan menggunakan email kayaknya menjadi pilihan yang tepat,karena melihat fitur pesan yang ada di email sangat memungkinkan untuk mengirim surat lamaran kerja.

Tapi jika kita hanya ingin berchatting/mengobrol ria dengan teman teman kita lebih baik menggunakan sosial media ataupun instant messenger seperti whatsapp,blackberry messengger,imo,wechat dan lain sebagainya.

Kesimpulan mengirim pesan lewat email


Saya menyimpulkan mengirim email lewat layanan email sangat di butuhkan di era sekarang ini untuk berbagai kebutuhan seperti,membuat laporan dan mengirimkan ke rekan kerja kita,membuat surat lamaran kerja,mengirim pengaduan kepada pihak terkait dengan masalah yang kita hadapi dan masih banyak lagi lainnya.

Sebab saat ini pengaduan masalah ke pemerintahan pun menggunakan layanan email.

Jadi anda para kaum milenial sangat penting menguasai cara mengirim email di android lewat chrome.

Comments

Popular posts from this blog

cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula

Mungkin sebagian teman pembaca pernah ya punya pengalaman mencari teman di facebook lewat email kok susah banget ketemunya. Artikel sebelumnya Daftar facebook cara gaul era modern dan saat ini kita akan membahas mengenai cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula Hal ini juga merupakan pengalaman pribadi saya.Saat saya mencari teman cewek di facebook menggunakan email. Jadi begini,Waktu itu saya pernah kenalan sama seorang cewek di salah satu kebun binatang.Gak cakep cakep amat sih tapi cantik juga hehe... Nah pas waktu kenalan kita ngobrol ngalor ngidul gak jelas.wajarlah kita sama sama lagi canggung soalnya baru saja kenalan. Nah setelah puas ngobrol gak jelas arah dan tujuannya akhirnya saya memberanikan diri untuk minta no hape si cewek itu sebut saja namanya paijem (bukan nama sebenar). Tapi ternyata eh ternyata si paijem tidak ngasih nomor handphonenya,tapi justru ngasih alamat emailnya "paijemcellaucetyadandimanja@yuhuu.com&quo

Cara mencari teman di michat serta fitur pendukungnya

Hari ini tioalvino akan membahas tutorial mengenai cara mencari teman di michat . Kalian sudah pasti tahu tentang michat,aplikasi pencarian teman dan instant messenger.Di dalam aplikasi ini pengguna akan di pertemukan dengan pengguna lain dan saling mengobrol dengan berbagai topik pembicaraan. Bagi yang belum berpengalaman mencari teman di aplikasi michat jangan khawatir,saya akan menjelaskan tata cara mencari teman di aplikasi ini. Di era sekarang ini aplikasi jejaring sosial semakin menjamur, dimana seseorang akan semakin mudah berkenalan dengan orang lain di luar sana.Bukan hanya berkenalan dengan orang dalam negeri alias lokal,melainkan juga bisa berkenalan dengan orang yang berada di luar negara kita indonesia tercinta ini. Pertumbuhan penduduk dunia yang semakin bertambah serta mobilitas keseharian manusia yang semakin kompleks serta kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat.Mendorong kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat.Hal ini lah yang menjadi ala