Skip to main content

Cara belajar hidup mandiri tidak menjadi anak manja

Kemandirian dalam menjalani hidup sangat di perlukan agar kita tidak tergantung dengan orang lain.Melatih diri menjadi pribadi yang bertanggung jawab dari apa yang telah diperbuat.Dan tidak merepotkan orang atau pihak lain merupakan jalan hidup yang harus di capai sebagai orang yang telah dewasa.

Tidak boleh manja dan selalu merengek jika ada masalah,apalagi sampai merepotkan orang tua secara terus menerus.Karena mau tidak maun suatu saat kita akan terpisah dari orang tua dan orang tua tidak akan selamanya bisa membimbing dan mengayomi anak anaknya.Akan ada masanya kedua orang tua akan berpisah dari kehidupan anak anaknya.

Artikel sebelumnya kita membahas mengenai Cara mengikhlaskan pacar yang selingkuh tanpa ragu dan artikel kali ini kita membahas mengenai Cara belajar hidup mandiri tidak menjadi anak manja.

Karena kemandirian seseorang tidak semudah membalikkan telapak tangan maka saya akan menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan belajar kemandirian yang sesuai dengan judul diatas yaitu Cara belajar hidup mandiri tidak menjadi anak manja.Lalu seperti apa cara melalui hidup dengan mandiri itu?Berikut penjelasannya.

1.Berani bertanggung jawab
Dalam hidup kita akan selalu berbuat sesuatu,dan suatu perbuatan tentu ada konsekuensi yang harus diterima.Dengan kata lain perbutan itu memiliki unsur baik dan buruk,dampak positif dan negatifnya.Jangan hanya mau enaknya namun tidak mau mengambil resiko yang akan diterima.Dan kita harus bersikap dewasa terhadap resiko tersebut dan tidak melarikan diri dari kenyataan.

2.Tidak menggantungkan diri pada orang lain jika ada masalah
Ini merupakan konsep utama dalam kedewasaan dan kemandirian.Tidak mungkin kita terus menerus akan merepotkan orang lain disekitar kita jika ada masalah yang sedang menghampiri diri kita.

3.Punya pemikiran yang dewasa
Bukan hanya badan saja yang gede,atau cuman umur yang tua.Pemikiran yang dewasa menekankan pada sebuah pola individu dalam menyikapi suatu permasalahan.Mencari sumber masalah dan menyelesaikan dengan analisa logis agar menemukan titik terang terhadap masalah yang di hadapi.Dengan pemikiran yang dewasa tentu akan membuat kita lebih mandiri dalam bersikap.

4.Punya penghasilan sendiri.
Nah yang ini yang tidak kalah penting.Karena sering kita menghubungkan kemandirian dengan penghasilan yang di dapat dari hasil jerih payah atau keringat kita sendiri.Walaupun pada dasarnya kemandirian tidak melulu pada konsep penghasilan.Tapi anggapan yang terjadi di masyarakat luas bahwa mandiri diartikan bisa mencari uang sendiri.
Dengan berpenghasilan dari hasil jerih payah sendiri seseorang akan bisa menata kehidupannya agar lebih baik di kemudian hari.Mempunyai tabungan,bisa digunakan untuk membuat rumah sendiri,untuk modal menikah,mencukupi kebutuhan sehari hari dirinya sendiri,dan tentunya saat seseorang sudah menikah diharapkan bisa memenuhi kebutuhan istri dan anaknya ini bagi para cowok yang sudah dewasa.

5.Hati hati dalam bertindak
Kita tidak boleh ceroboh dalam bertindak,karena kesalahan yang ditimbulkan akan menimbulkan masalah baru.Dan tentu anda akan direpotkan jika harus berjuang sendiri dengan masalah yang bertubi tubi akibat dari kecerobohan yang anda perbuat.

6.Pandai mengatur keuangan
Karena kita akan hidup mandiri tentu kita harus pandai pandai dalam membelanjakan uang kita.Jangan mentang mentang bisa mencari uang sendiri lalu bersifat konsumtif atau boros dalam membelanjakan uang kita.Gunakan uang seperlunya atau lebih tepatnya berhemat.

7.Punya pergaulan yang luas
Ingat hidup mandiri bukan berarti hidup dengan menutup diri dari lingkungan.Kita harus punya banyak teman untuk mendukung kita di masa yang akan datang.Karena bagaimanapun juga kita sebagai manusia tidak akan lepas dan tidak bisa hidup tanpa orang lain yang ada di sekitar kita.Lebih tepatnya manusia itu adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain.

Nah itu tadi penjelasan singkat saya mengenai Cara belajar hidup mandiri tidak menjadi anak manja semoga apa yang saya sampaikan ini bisa menadi gambaran bagi anda yang telah memasuki usia dewasa dan dituntut untuk hidup mandiri tidak menggantungkan diri pada orang lain khususnya orangtua yang telah membesarkan kita.Jadilah pribadi yang dewasa dan mandiri jangan menjadi anak yang manja yang segala sesuatunya harus disuapin tanpa bisa berbuat sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula

Mungkin sebagian teman pembaca pernah ya punya pengalaman mencari teman di facebook lewat email kok susah banget ketemunya. Artikel sebelumnya Daftar facebook cara gaul era modern dan saat ini kita akan membahas mengenai cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula Hal ini juga merupakan pengalaman pribadi saya.Saat saya mencari teman cewek di facebook menggunakan email. Jadi begini,Waktu itu saya pernah kenalan sama seorang cewek di salah satu kebun binatang.Gak cakep cakep amat sih tapi cantik juga hehe... Nah pas waktu kenalan kita ngobrol ngalor ngidul gak jelas.wajarlah kita sama sama lagi canggung soalnya baru saja kenalan. Nah setelah puas ngobrol gak jelas arah dan tujuannya akhirnya saya memberanikan diri untuk minta no hape si cewek itu sebut saja namanya paijem (bukan nama sebenar). Tapi ternyata eh ternyata si paijem tidak ngasih nomor handphonenya,tapi justru ngasih alamat emailnya "paijemcellaucetyadandimanja@yuhuu.com&quo

Cara mencari teman di michat serta fitur pendukungnya

Hari ini tioalvino akan membahas tutorial mengenai cara mencari teman di michat . Kalian sudah pasti tahu tentang michat,aplikasi pencarian teman dan instant messenger.Di dalam aplikasi ini pengguna akan di pertemukan dengan pengguna lain dan saling mengobrol dengan berbagai topik pembicaraan. Bagi yang belum berpengalaman mencari teman di aplikasi michat jangan khawatir,saya akan menjelaskan tata cara mencari teman di aplikasi ini. Di era sekarang ini aplikasi jejaring sosial semakin menjamur, dimana seseorang akan semakin mudah berkenalan dengan orang lain di luar sana.Bukan hanya berkenalan dengan orang dalam negeri alias lokal,melainkan juga bisa berkenalan dengan orang yang berada di luar negara kita indonesia tercinta ini. Pertumbuhan penduduk dunia yang semakin bertambah serta mobilitas keseharian manusia yang semakin kompleks serta kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat.Mendorong kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat.Hal ini lah yang menjadi ala

Cara mengirim email lewat hp android di chrome

Postingan kali ini tioalvino akan membahas tentang cara mengirim email lewat hp.Pengiriman email bisa di lakukan di pc atau komputer namun seiring berjalannya teknologi mobile atau smartphone maka mengirim email bisa di lakukan lewat smartphone android di era sekarang ini. Sebagai pelopor chat berbasis elektronik atau digital ,email bisa dikatakan memiliki track record yang lumayan panjang dalam ranah digital. Berbagai layanan digital saat ini selalu menyertakan email sebagai pendukung dalam pelaksanaan layanan tersebut.Contoh saja google,setiap kita memakai produk google maka kita tidak akan lepas dengan gmail atau di sebut sebagai google mail. Email tidak sebatas pada gmail saja tapi sangat banyak sekali di dunia ini yang memiliki layanan email. Contohnya adalah yahoo mail,yahoo juga sebagai pelopor kemajuan email di jamannya. Seberapa pentingkah atau seberapa berpengaruhkah menulis email? Jawabannya adalah sangat relatif sebab itu tergantung dari kebutuhan kita terhadap