Skip to main content

Fungsi google Drive yang sebenarnya

Google Drive adalah sebuah layanan atau bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan milik google dan fungsi atau tugas google drive sebagai tempat untuk menyimpan data secara cloud atau penyimpanan awan.Maksud penyimpanan awan adalah penyimpanan berbasis online yang bisa di akses dari internet di manapun dan kapanpun.

Jadi penyimpanan awan bukan berarti nyimpan di atas awan di langit yang biru.
Kegunaan google Drive sangat banyak bisa sebagai tempat menyimpan data dan aktivitas digital lainnya berbasis storage.

Apa itu pengertian dan maksud google Drive?


Seperti yang saya jelaskan tadi di atas bahwasannya google Drive adalah sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya bisa menyimpan data ke dalam storage google Drive.Google Drive lahir tanggal 24 April 2012 sebagai layanan penyimpanan daring yang terus di kembangkan.

Storage penyimpanan yang di tawarkan oleh google Drive sebesar 15 GB gratis dan bisa di perbesar melalui pembayaran.

Mengapa kita sebaiknya harus memilih google Drive?


Karena menurut saya sistem penyimpanan terbaik saat ini adalah google Drive.
Alasan saya memilih google Drive selain gratis adalah karena bisa menyimpan berbagai ekstensi file seperti jpg,MP3,mp4,pdf,txt dan lain lain.

Dan yang paling penting menurut saya storage penyimpanannya lumayan besar yaitu sekitar 15 GB.Dan kalau mau lebih lagi bisa membayar untuk google Drive yang premium.

Tapi bagi kamu yang suka gratisan tidak perlu membayar cukup membuat akun google yang banyak otomatis kamu bisa mempunyai akun google Drive yang banyak pula.Misalnya kamu punya 2 akun google saja,sudah pasti anda akan memiliki kapasitas penyimpanan google Drive sebesar 30 GB.

Bayangkan jika kamu punya akun google sebanyak 50 buah tentunya kamu sudah memiliki sekitar 75 GB ,dan itu semua gratis.

Siapa saja yang bisa dan boleh memanfaatkan atau menggunakan fungsi google Drive?


Siapa saja bisa menjadi pengguna akun google Drive dan siapa saja boleh menyimpan file yang dimilikinya ke google Drive.

Yang terpenting anda memiliki akun google ,karena tanpa akun google Anda tidak bisa menyimpan file anda di google Drive.Silahkan anda buat akun google caranya juga sangat mudah tidak sulit.

Baca juga:
Cara bikin akun gmail google tanpa verifikasi no hp di android

Cara masuk google drive untuk menyimpan file foto dokumen video

Buat email dari hp langsung jadi

Dimana kita bisa menggunakan fungsi google Drive?


Karena google Drive adalah sistem penyimpanan berbasis cloud yang servernya bisa di akses oleh publik dari manapun berada.Maka sudah tentu anda bisa menggunakan google Drive dari mana saja asal ada akses internet,gadget atau smartphone android dan kuota.

Jadi dalam hal penggunaannya kita bisa mengakses dengan mudah kapanpun dan di manapun berada.

Kapan fungsi google Drive bisa di gunakan?


Seperti yang saya jelaskan sebelumnya jawabannya adalah kapan saja bisa digunakan.Kapanpun anda mau selama fasilitas internet di smartphone anda mendukung maka anda bisa sesuka hati menggunakan fungsi dari google Drive ini.Tidak di batasi waktu kapan saja anda mau saat anda membutuhkan tempat untuk menyimpan file secara online server google Drive online 24 jam non stop untuk melayani user atau klien.

Apa saja fungsi google Drive yang sebenarnya?


Fungsi fungsi atau kegunaan google Drive akan saya jelaskan di bawah ini diantaranya adalah:

    1. Sebagai tempat menyimpan file.
    Fungsi utama dari google Drive ini memang di peruntukkan menyimpan file yang di desain secara online agar bisa diakses melalui jaringan internet di seluruh belahan dunia.Sehingga bisa menjangkau berbagai kalangan untuk di gunakan secara online tanpa batas usia maupun wilayah teritorial.Penyimpanan google Drive bisa menyimpan beragam file yang bisa di upload dan juga bisa di download kembali saat anda membutuhkannya kembali.
  • 2. Sebagai tempat berbagi file dengan teman.
    Di samping sebagai tempat untuk menyimpan file secara pribadi ternyata anda juga bisa melakukan pengaturan pada akun google Drive milik anda agar bisa di akses oleh orang lain.

    Ini memungkinkan file di google Drive bisa di baca serta bisa di unduh oleh orang lain melalui URL unik yang bisa anda bagikan kepada teman anda yang lain.

    Melalui google Drive ini memungkinkan anda saling bertukar file kepada teman atau masyarakat publik.


  • 3. Sebagai tempat dokumentasi.
    Jika kita sering melakukan dokumentasi file di dalam maap maka sekarang kita bisa menyimpan file tersebut ke dalam google Drive baik berupa foto maupun berupa teks.

    Jika anda ingin menyimpan foto keluarga anda atau foto pernikahan anda agar tidak rusak atau mungkin sebagai cadangan/menduplikat dari file aslinya,maka google Drive menjadi pilihan yang baik.


  • 4. Tempat mencadangkan kontak ponsel dan kontak WhatsApp.
    Biasanya di hp android memiliki opsi untuk menyimpan kontak ponsel ke akun google yang anda miliki.Sebenarnya kontak ponsel anda disimpan di memory google Drive.
    Begitu juga dengan akun whatsapp,apabila anda mengijinkan pencadangan kontak serta chat di WhatsApp anda ke google Drive,maka secara berkala semua kontak dan hasil chat anda akan disimpan ke google Drive.

  • 5. Mengamankan file file penting yang anda miliki.
    Jika anda memiliki file digital yang sangat penting bagi anda ,dan anda takut kehilangan ataupun takut file tersebut rusak maka pilihan yang tepat adalah dengan menyimpannya di google Drive.Dengan catatan anda wajib ingat dengan alamat email serta password akun google yang anda miliki.
    Karena apabila akun google serta password nya anda lupa maka anda akan kesulitan mengakses file yang anda miliki di google Drive,bahkan bisa jadi akan terkunci tanpa bisa di buka kembali.


Apa kelemahan dari fungsi google Drive?


Disamping memiliki kelebihan yang menjanjikan ternyata google Drive memiliki kelemahan.
Kelemahan itu diantaranya adalah apabila seseorang kehilangan akun google nya maka bisa di pastikan orang tersebut juga akan kehilangan google Drive miliknya.
Kehilangan akun google ini bisa diakibatkan karena seseorang tersebut lupa dengan alamat Gmail serta password (kata sandi) akun google yang mereka miliki.

Untuk itulah sangat penting kiranya kita menyimpan alamat Gmail serta password yang kita miliki.
Cara sederhana yang sering saya gunakan adalah dengan menulis alamat Gmail serta password akun google yang saya miliki pada secarik kertas lalu menyimpannya pada tempat yang aman.
Jika suatu saat saya lupa dengan akun google milik saya maka saya akan membuka kembali kertas catatan saya tersebut.

Kesimpulan dari fungsi google Drive


Secara garis besar google Drive memang memiliki keunggulan keunggulan yang tidak di miliki oleh penyimpanan daring lainnya.Paling tidak itulah yang penulis rasakan.
Saya mempercayakan penyimpanan file penting  saya pada google Drive karena keamanan yang di tawarkan oleh pihak google Drive memang tidak di ragukan lagi.

Comments

Popular posts from this blog

cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula

Mungkin sebagian teman pembaca pernah ya punya pengalaman mencari teman di facebook lewat email kok susah banget ketemunya. Artikel sebelumnya Daftar facebook cara gaul era modern dan saat ini kita akan membahas mengenai cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula Hal ini juga merupakan pengalaman pribadi saya.Saat saya mencari teman cewek di facebook menggunakan email. Jadi begini,Waktu itu saya pernah kenalan sama seorang cewek di salah satu kebun binatang.Gak cakep cakep amat sih tapi cantik juga hehe... Nah pas waktu kenalan kita ngobrol ngalor ngidul gak jelas.wajarlah kita sama sama lagi canggung soalnya baru saja kenalan. Nah setelah puas ngobrol gak jelas arah dan tujuannya akhirnya saya memberanikan diri untuk minta no hape si cewek itu sebut saja namanya paijem (bukan nama sebenar). Tapi ternyata eh ternyata si paijem tidak ngasih nomor handphonenya,tapi justru ngasih alamat emailnya "paijemcellaucetyadandimanja@yuhuu.com&quo

Cara mencari teman di michat serta fitur pendukungnya

Hari ini tioalvino akan membahas tutorial mengenai cara mencari teman di michat . Kalian sudah pasti tahu tentang michat,aplikasi pencarian teman dan instant messenger.Di dalam aplikasi ini pengguna akan di pertemukan dengan pengguna lain dan saling mengobrol dengan berbagai topik pembicaraan. Bagi yang belum berpengalaman mencari teman di aplikasi michat jangan khawatir,saya akan menjelaskan tata cara mencari teman di aplikasi ini. Di era sekarang ini aplikasi jejaring sosial semakin menjamur, dimana seseorang akan semakin mudah berkenalan dengan orang lain di luar sana.Bukan hanya berkenalan dengan orang dalam negeri alias lokal,melainkan juga bisa berkenalan dengan orang yang berada di luar negara kita indonesia tercinta ini. Pertumbuhan penduduk dunia yang semakin bertambah serta mobilitas keseharian manusia yang semakin kompleks serta kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat.Mendorong kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat.Hal ini lah yang menjadi ala

Cara mengirim email lewat hp android di chrome

Postingan kali ini tioalvino akan membahas tentang cara mengirim email lewat hp.Pengiriman email bisa di lakukan di pc atau komputer namun seiring berjalannya teknologi mobile atau smartphone maka mengirim email bisa di lakukan lewat smartphone android di era sekarang ini. Sebagai pelopor chat berbasis elektronik atau digital ,email bisa dikatakan memiliki track record yang lumayan panjang dalam ranah digital. Berbagai layanan digital saat ini selalu menyertakan email sebagai pendukung dalam pelaksanaan layanan tersebut.Contoh saja google,setiap kita memakai produk google maka kita tidak akan lepas dengan gmail atau di sebut sebagai google mail. Email tidak sebatas pada gmail saja tapi sangat banyak sekali di dunia ini yang memiliki layanan email. Contohnya adalah yahoo mail,yahoo juga sebagai pelopor kemajuan email di jamannya. Seberapa pentingkah atau seberapa berpengaruhkah menulis email? Jawabannya adalah sangat relatif sebab itu tergantung dari kebutuhan kita terhadap