Skip to main content

Nama email saya dan nama alamat email perbedaan dan penjelasan

Tioalvino kali ini akan membahas mengenai nama email saya dan segala penjelasannya.
Tema yang saya tulis ini merupakan jawaban dari keluh kesah para pembuat email atau teman teman pembaca yang belum memahami tentang email.
Untuk itulah saya menulis artikel ini untuk memberi sedikit jawaban yang sering di tanyakan para netizen kepada pihak google.

Para netizen sering sekali menanyakan, o.k google apa nama email saya,mbah google apa nama email saya dan lain sebagainya.
Sebenarnya tidak salah menanyakan hal demikian kepada google search atau pencarian google.Namun perlu di garis bawahi,pertanyaan itu sudah ada jawabannya ketika anda membuat email.



Karena dalam proses membuat email,anda pasti sudah di minta untuk memasukkan nama email anda.Mungkin anda lupa atau kurang memahami tentang email sehingga anda kebingungan dalam menyebutkan mana alamat email dan mana nama email.

baca juga


Kesalahan penyebutan nama email dan alamat email.
Tanpa kita sadari bahkan saya sendiri,pertama kali membuat email dan masih awam mengenai email.
Saya juga sering salah menyebutkan nama email dan alamat email.

Apakah ini fatal?
Bisa iya bisa juga tidak,tergantung kondisi yang dialami.
Biasanya kalau kita salah dalam penulisan alamat email,paling juga pesan kita tidak akan terkirim.
Tapi kalau hanya salah dalam penulisan nama email saya rasa tidak terlalu fatal.
Yang penting pesan yang ingin di sampaikan bisa terkirim kepada alamat email yang dituju.

Mengapa harus ada nama email?
Hal ini di gunakan untuk memberikan identitas kepemilikan email yang bersangkutan.
Kenapa?
Jadi gini,nama email itu digunakan sebagai tanda pengenal kita ,agar si penerima email tahu dengan siapa pengirim email tersebut.

Bisanya bukan hanya nama email saja yang harus di cantumkan tetapi juga photo profil email kita juga harus di sertakan agar lebih jelas.

Kenapa tidak harus alamat email saja yang menjadi identitas?
Tentu sulit jika menggunakan alamat email sebagaj identitas kita.Kenapa?
Karena dalam proses pembuatan alamat email,kita di haruskan menggunakan alamat email yang unik dan tidak boleh sama dengan alamat email pengguna lainnya.

Sehingga kadang kita tidak bisa menggunakan nama kita sebagai alamat email secara utuh.
Saya kasih contoh.
Misalnya nama anda agus,kita tahu bahwa di dunia ini khususnya di indonesia sangat banyak yang bernama agus.

Dan yang bernama agus di daerah lain bisa jadi dia membuat email juga.Sudah tentu anda tidak bisa menggunakan nama agus sebagai nama alamat email anda.Sebab agus yang lain bisa jadi sudah meggunakan namanya sebagai alamat email miliknya.

Contoh nama agus ,anda ingin membuat alamat email agus@gmail.com.
Saya yakin anda tidak akan bisa membuatnya sebab nama alamat email tersebut sudah di gunakan oleh pengguna lainnya.Sehingga anda harus memodifikasi menggunakan karakter lainnya.
Misalnya agus775kk@gmail.com atau bisa dengan agusyer87@gmail.com.

Nah sudah pasti si penerima email akan kebingungan jika anda mengirim email denga nama tersebut.Karena nama alamat emailnya terlalu rumit untuk di pahami.
Untuk itulah kita harus membuat nama email yang sesuai dengan identitas kita agar si penerima pesan tidak kebingungan dengan identitas si pengirim pesan.

Tenang saja pada bagian nama email,anda bebas menuliskan nama anda.Tidak perduli nama tersebut sudah ada yang menggunakan atau belum.Karena yang harus berbeda dari yang lainnya hanyalah nama alamat email bukan nama email.
Jadi jelas ya,bahwa alamat email dan nama email itu berbeda tidak sama.

O.K untuk lebih jelas memahami nama email dan alamat email saya akan menggunakan analogika atau perumpamaan sederhana agar lebih jelas.

Saya anggap nomor whatsapp anda adalah alamat email,sedangkan nama whatsapp anda adalah nama email anda.

Baik nomor whatsapp anda dan nama whatsapp anda ini memiliki fungsi masing masing.
Untuk nomor whatsapp digunakan untuk mendaftar sekaligus identitas unik dari pemilik whatsapp.Kenapa di sebut identitas unik karena nomor whatsapp anda ini adalah satu satunya di dunia.Tidak ada yang menyamainya.

Begitu juga dengan alamat email,sudah tentu merupakan identitas unik dan satu satunya di dunia.Sehingga pengiriman pesan email tidak akan nyasar kemana mana,karena cuman anda saja pemiliknya.

Sedangkan nama whtsapp anda adalah nama identitas pribadi anda,dan belum tentu satu satunya di dunia.Karena nama whatsapp anda hanyalah identitas personal diri anda.Biasanya nama whatsapp menggunakan nama pribadi kita berdasarkan KTP.Seharusnya memang menggunakan nama yang sama seperti KTP tapi karena pemberian nama di whatsapp ini bersifat bebas maka kebanyakan orang memberi nama sesuka hati mereka.

Begitu juga dengan nama email,nama email juga di gunakan untuk mempermudah si penerima email mengenali siapa sih yang telah mengirim pesan email ini.
Kira kira seperti itu fungsi nama email,hanya untuk mempermudah mengenali siapa pemilik alamat email tersebut.Sama persis seperti nama di whatsapp untuk mengenali siapa pemilik nomor whatsapp tersebut.

Dan tentu akan lebih baik email kita juga di beri photo kita,sama seperti whatsapp yang menggunakan photo profil agar lebih mudah di kenali.
Baik nama email maupun photo profil itu di gunakan untuk mempermudah dalam mengenali si pemilik akun tersebut.

Seperti apa contoh nama email dan alamat email?
Saya akan memperlihatkan screnshot email saya di bawah ini,coba perhatikan baik baik.



Di situ tertera nama email saya tioalvino dan di sebelahnya adalah nama alamat email saya tioalvino1@gmail.com.
Dan di bawahnya adalah alamat email seseorang yang saya kirimin pesan.

Disitu kita lihat,perbedaan yang sangat jelas,dimana nama email persis dengan nama saya sedangkan alamat email cenderung ada embel embel 1 di belakangnya.

Apa fungsi angka 1 di belakang nama alamat email saya?
Jelas itu di gunakan agar nama alamat email saya berbeda dengan pengguna email lainnya.Anda bisa mengkombinasikan alamat email anda dengan kata kata atau huruf lainnya,sehingga berbeda dengan pengguna email lainnya.

Kesimpulan
Jadi baik alamat email dan nama email merupakan hal yang berbeda.
Alamat email memiliki fungsi sebagai identitas unik kita di ranah dunia email dan hanya satu satunya di dunia.
Sedangkan nama email adalah identitas pemilik email berdasarkan KTP (seharusnya).

Comments

Popular posts from this blog

cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula

Mungkin sebagian teman pembaca pernah ya punya pengalaman mencari teman di facebook lewat email kok susah banget ketemunya. Artikel sebelumnya Daftar facebook cara gaul era modern dan saat ini kita akan membahas mengenai cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula Hal ini juga merupakan pengalaman pribadi saya.Saat saya mencari teman cewek di facebook menggunakan email. Jadi begini,Waktu itu saya pernah kenalan sama seorang cewek di salah satu kebun binatang.Gak cakep cakep amat sih tapi cantik juga hehe... Nah pas waktu kenalan kita ngobrol ngalor ngidul gak jelas.wajarlah kita sama sama lagi canggung soalnya baru saja kenalan. Nah setelah puas ngobrol gak jelas arah dan tujuannya akhirnya saya memberanikan diri untuk minta no hape si cewek itu sebut saja namanya paijem (bukan nama sebenar). Tapi ternyata eh ternyata si paijem tidak ngasih nomor handphonenya,tapi justru ngasih alamat emailnya "paijemcellaucetyadandimanja@yuhuu.com&quo

Cara mencari teman di michat serta fitur pendukungnya

Hari ini tioalvino akan membahas tutorial mengenai cara mencari teman di michat . Kalian sudah pasti tahu tentang michat,aplikasi pencarian teman dan instant messenger.Di dalam aplikasi ini pengguna akan di pertemukan dengan pengguna lain dan saling mengobrol dengan berbagai topik pembicaraan. Bagi yang belum berpengalaman mencari teman di aplikasi michat jangan khawatir,saya akan menjelaskan tata cara mencari teman di aplikasi ini. Di era sekarang ini aplikasi jejaring sosial semakin menjamur, dimana seseorang akan semakin mudah berkenalan dengan orang lain di luar sana.Bukan hanya berkenalan dengan orang dalam negeri alias lokal,melainkan juga bisa berkenalan dengan orang yang berada di luar negara kita indonesia tercinta ini. Pertumbuhan penduduk dunia yang semakin bertambah serta mobilitas keseharian manusia yang semakin kompleks serta kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat.Mendorong kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat.Hal ini lah yang menjadi ala

Cara mengirim email lewat hp android di chrome

Postingan kali ini tioalvino akan membahas tentang cara mengirim email lewat hp.Pengiriman email bisa di lakukan di pc atau komputer namun seiring berjalannya teknologi mobile atau smartphone maka mengirim email bisa di lakukan lewat smartphone android di era sekarang ini. Sebagai pelopor chat berbasis elektronik atau digital ,email bisa dikatakan memiliki track record yang lumayan panjang dalam ranah digital. Berbagai layanan digital saat ini selalu menyertakan email sebagai pendukung dalam pelaksanaan layanan tersebut.Contoh saja google,setiap kita memakai produk google maka kita tidak akan lepas dengan gmail atau di sebut sebagai google mail. Email tidak sebatas pada gmail saja tapi sangat banyak sekali di dunia ini yang memiliki layanan email. Contohnya adalah yahoo mail,yahoo juga sebagai pelopor kemajuan email di jamannya. Seberapa pentingkah atau seberapa berpengaruhkah menulis email? Jawabannya adalah sangat relatif sebab itu tergantung dari kebutuhan kita terhadap