Skip to main content

Tanda asam lambung naik ke tenggorokan dada terasa sesak

Artikel ini terkait mengenai tanda asam lambung naik.Penyakit masyarakat indonesia yang bisa di bilang ngetop ya penyakit asam lambung ini.Dari remaja sampai lansia banyak yang menderita penyakit over dosisi asam lambung.Penyakit kelebihan asam lambung ini sebenarnya bukanlah penyakit yang terlalu berbahaya,namun juga bukanlah penyakit yang bisa dianggap sepele.Tanda asam lambung naik bisa di lihat dari kondisi badan atau tubuh yang tidak seperti biasanya.Untuk itu kita harus mewaspadai akan tanda dan gejala penyakit asam lambung atau maag ini.Tanda tanda ini sering tidak disadari oleh kita,sebab tanda tandanya hanya seperti gejala penyakit ringan.Untuk itu di postingan ini saya akan membahas tanda asam lambung naik,sebagai bahan pelajaran untuk kita semua.

Bagi kita orang awam gejala naiknya asam lambung ini hampir sama seperti saat kita sedang masuk angin. Seperti bersendawa,pusing atau badan meriang.
Kita hampir tidak bisa membedakan mana penyakit ringan dan penyakit yang menunjukkan gejala sakit maag .
Nah untuk itulah saya membuat postingan ini dengan tujuan mengedukasi para pembaca setia blog tioalvino.blogspot.com agar mengetahui tanda tanda sakit maag (GERD).

Asam lambung naik ke dada

Baiklah kita akan membahas satu persatu mengenai gejala naiknya asam lambung ini.

1.Dada terasa sesak
Tanda atau gejala yang pertama adalah dada terasa sesak.Apabila anda merasa dada terasa sesak mungkin anda belum bisa memastikan jika hal ini merupakan gejala maaq atau tanda naiknya asam lambung.Sebab dada yang terasa sesak bisa saja merujuk pada penyakit lain.
Untuk itu anda harus memperhatikan tanda tanda lainnya sebelum memutuskan anda terkena gangguan asam lambung.Inilah bahaya asam lambung jika sudah naik ke dada,maka pernafasan akan terganggu.Akan lebih baik anda berkonsultasi kepada pihak dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2.Tenggorokan sakit
Naiknya asam lambung akan mengakibatkan iritasi pada tenggorokan.Tidak hanya polusi debu dan asap pada kendaraan saja yang bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan,panas dalam pun juga terkadang bisa mengakibatkan sakit pada tenggorokan.
Begitu juga naiknya asam lambung yang mencapai pada tenggorokan sudah pasti menyebabkan sakit karena tingginya asam lambung bisa melukai tenggorokan.

3.Sakit saat menelan makanan
Pernahkah anda merasakan sakit atau nyeri saat menelan makanan?Itu bisa jadi sebuah gejala naiknya asam lambung atau GERD.Sebenarnya ini masih ada hubungannya dengan poin nomor dua,tentang sakit tenggorokan.
Karena rasa sakit pada tenggorokan inilah yang pada akhirnya mengakibatkan susah untuk menelan makanan.

4.Kepala terasa pusing
Hampir semua penyakit bisa mengakibatkan kepala terasa pusing,tidak terkeculai pada gejala sakit maag ini.Kepala akan terasa berkunang kunang dan gelap ,seperti itulah yang dirasakan pada area kepala jika maaq atau asam lambung anda mulai naik .

5.Sering bersendawa
Bersendawa ini adalah tanda yang paling umum dan paling banyak di temui jika anda menderita kenaikan asam lambung.
Penderita akan sering bersendawa dengan sangat rutin sebagai reaksi dari tingginya asam lambung.Lambung akan mengeluarkan gas lebih sering dari biasanya apabila terjadi gangguan pada lambung,dalam hal ini adalah naiknya asam lambung.

6.perut mual
Salah satu tanda naiknya asam lambung yang lainnya adalah perut terasa mual.Penderita maag biasanya akan merasakan perut seperti di aduk aduk dan mengakibatkan perut menjadi sering merasakan mau muntah.Atau bahkan yang lebih parah menjadi muntah beneran,ini tergantung dari seberapa tinggi tingkat keparahan asam lambung yang di derita.Bagi yang sudah terlalu parah penderita akan sering muntah karena asam lambungnya sudah terlalu over.Biasanya perut terasa mual ini akan dirasakan pagi hari setelah bangun tidur,karena saat kita terbaring tidur asam lambung sangat mudah mencapai bagian kerongkongan mulut,dan akan mengakibatkan sensasi rasa mual.Jika ini terjadi pada ibu hamil harus di lakukan pemeriksaan lebih lanjut karena tanda tanda asam lambung naik pada ibu hamil sangat sulit di deteksi.Ini karena rasa mual pada ibu hamil hampir mirip dengan rasa mual karena naiknya asam lambung.

Gejala asam lambung naik dan cara mengatasinya

7.Badan teras lemas
Penderita GERD atau maag akan cenderung tubuhnya terasa lemas atau lemah.Ini di akibatkan karena organ pencernaan terutama lambung mengalami gangguan fungsional sehingga nutrisi yang di serap tubuh sangat minim.Bahkan tidak jarang makanan yang sudah di makan justru di muntahkan kembali dari lambung,ini biasanya terjadi apabila penderita sudah mengalami penyakit maaq yang sudah parah dan kronis.Dan sudah pasti jika mengalami kondisi seperti ini maka tubuh akan merasakan sangat lemas.Anda bisa mengkonsumsi bayam agar badan anda tidak terasa lemas,karena kandungan nutrisi pada bayam bisa memulihkan rasa lemas pada penderita asam lambung.

8.Sering batuk
Semakin tinggi naiknya asam lambung maka akan semakin bermasalah area leher penderita asam lambung atau maag.Salah satu contohnya adalah batuk yang di sebabkan asam lambung.Batuk ini lebih sering terasa jika sudah malam hari,salah satu ciri khasnya adalah batuk kering.

9.Suara serak dan berdahak
Salah satu ciri naiknya asam lambung lainnya adalah suara menjadi serak atau parau.Mengapa naiknya asam lambung mengakibatkan suara menjadi serak dan berdahak?
Ini dikarenakan ketika asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mengenai pita suara maka suara yang kita hasikan akan menjadi serak dan parau.

Bahkan dalam kasus tertentu kerongkongan akan berlendir sebagai efek dari gejala maag tersebut.Tidak jarang penderita maag akan mudah berlendir atau berdahak.

10.Badan sering meriang
Pada akhirnya tubuh penderita maaq akan sangat rentan terhadap serangan penyakit.Yang paling umum adalah badan akan terasa sering meriang atau masuk angin.Jika organ pencernaan bermasalah sudah pasti nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga akan berkurang.Dan akhirnya tubuh kita sangat mudah di susupi penyakit yang ringan maupun penyakit yang berat.

11.Sering lapar
Sakit maag bisa menyebabkan perut anda menjadi lebih sering untuk lapar.Bahkan ada yang 2 jam sekali harus makan,karena perutnya terasa lapar.Hal ini juga pernah saya alami,saya sering merasa lapar karena naiknya asam lambung yang saya derita.Untuk selengkapnya anda bisa membacanya di Sakit maag membuat lapar

Makanan penyebab asam lambung


Bagi penderita asam lambung harus menghindari berbagai makanan tertentu.
Misalnya,

*Makanan yang bersifat asam contohnya mangga muda,jeruk kunci dan lainnya yang sifatnya asam.Logikanya jika asam lambung kita sudah berlebih di tambah lagi makanan yang sifatnya asam maka akan menjadi semakin asam pada lambung kita,dan itu hanya akan memperparah penyakit saja.

*Kopi,minuman yang satu ini sudah sangat terkenal bisa memicu asam lambung.Sebaiknya hindari minuman ini jika anda memiliki riwayat penyakit maaq.

*Teh,Walaupun teh memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan namun pada kasus sakit maaq ,minuman ini harus di hindari karena mampu memicu naiknya asam lambung.Ini juga pengalaman pribadi saya,saat setelah minum teh asam lambung saya justru naik dan perut terasa mual.Apalagi minum teh ketika perut masih kosong maka akan semakin terasa saja ke perut.

*Ketan,tekstur ketan yang keras dan ulet akan menyiksa lambung anda.Jenis makanan ini merupakan pantangan makanan bagi penderita penyakit maag atau asam lambung.

*Rokok,dimana mana rokok merupakan biang kerok bagi sejumlah penyakit.Ahli kesehatan manapun di dunia ini pasti akan menganjurkan untuk berhenti merokok pada pasiennya.Tidak terkecuali bagi para penderita asam lambung.Sebaiknya hindari asap rokok karena rokok juga mampu untuk memicu naiknya asam lambung

* Minuman bersoda.
Gas pada minuman bersoda dan zat asam yang terkandung di dalamnya menjadikan soda sebagai jajaran makanan atau minuman yang menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Makanan untuk penderita asam lambung


Lalu makanan apa saja yang layak di konsumsi bagi penderita sakit maag ini?Tentunya bukan makanan yang saya sebutkan diatas,tapi makanan yang harus di konsumsi penderita maag adalah makanan yang mudah di cerna seperti bubur ayam,bubur kacang hujau,sayur bayam dan masih banyak lainnya.Intinya makanan yang mudah di cerna oleh tubuh dan tidak memberatkan kerja lambung.

Obat asam lambung alami tradisional

Obat yang baik adalah obat yang alami,karena memiliki efek samping yang rendah.Berbeda dengan obat kimia yang memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan.
Obat alami yang terkenal untuk penyakit maag diantaranya adalah jely gamat,kerupuk kulit atau bisa juga dengan air kunyit.
Anda bisa membacanya di cara mengobati maag secara alami

Dan untuk obat kimianya biasanya menggunakan sulcrafat,antasida,omeprazole,ranitidin atau bisa juga dengan mylanta.
Tentunya untuk obat kimia sebaiknya menggunakan resep dokter,agar terhindar dari efek samping berlebih dan tidak di inginkan.

Untuk info lebih lanjut anda bisa melihat tayangan video ini agar lebih paham

Itu tadi penjelasan saya mengenai tanda naiknya asam lambung,semoga apa yang telah saya bagikan lewat postingan kali ini bisa memberi manfaat bagi anda penderita penyakit maag.

Comments

Popular posts from this blog

cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula

Mungkin sebagian teman pembaca pernah ya punya pengalaman mencari teman di facebook lewat email kok susah banget ketemunya. Artikel sebelumnya Daftar facebook cara gaul era modern dan saat ini kita akan membahas mengenai cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula Hal ini juga merupakan pengalaman pribadi saya.Saat saya mencari teman cewek di facebook menggunakan email. Jadi begini,Waktu itu saya pernah kenalan sama seorang cewek di salah satu kebun binatang.Gak cakep cakep amat sih tapi cantik juga hehe... Nah pas waktu kenalan kita ngobrol ngalor ngidul gak jelas.wajarlah kita sama sama lagi canggung soalnya baru saja kenalan. Nah setelah puas ngobrol gak jelas arah dan tujuannya akhirnya saya memberanikan diri untuk minta no hape si cewek itu sebut saja namanya paijem (bukan nama sebenar). Tapi ternyata eh ternyata si paijem tidak ngasih nomor handphonenya,tapi justru ngasih alamat emailnya "paijemcellaucetyadandimanja@yuhuu.com&quo

Cara mencari teman di michat serta fitur pendukungnya

Hari ini tioalvino akan membahas tutorial mengenai cara mencari teman di michat . Kalian sudah pasti tahu tentang michat,aplikasi pencarian teman dan instant messenger.Di dalam aplikasi ini pengguna akan di pertemukan dengan pengguna lain dan saling mengobrol dengan berbagai topik pembicaraan. Bagi yang belum berpengalaman mencari teman di aplikasi michat jangan khawatir,saya akan menjelaskan tata cara mencari teman di aplikasi ini. Di era sekarang ini aplikasi jejaring sosial semakin menjamur, dimana seseorang akan semakin mudah berkenalan dengan orang lain di luar sana.Bukan hanya berkenalan dengan orang dalam negeri alias lokal,melainkan juga bisa berkenalan dengan orang yang berada di luar negara kita indonesia tercinta ini. Pertumbuhan penduduk dunia yang semakin bertambah serta mobilitas keseharian manusia yang semakin kompleks serta kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat.Mendorong kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat.Hal ini lah yang menjadi ala

Cara mengirim email lewat hp android di chrome

Postingan kali ini tioalvino akan membahas tentang cara mengirim email lewat hp.Pengiriman email bisa di lakukan di pc atau komputer namun seiring berjalannya teknologi mobile atau smartphone maka mengirim email bisa di lakukan lewat smartphone android di era sekarang ini. Sebagai pelopor chat berbasis elektronik atau digital ,email bisa dikatakan memiliki track record yang lumayan panjang dalam ranah digital. Berbagai layanan digital saat ini selalu menyertakan email sebagai pendukung dalam pelaksanaan layanan tersebut.Contoh saja google,setiap kita memakai produk google maka kita tidak akan lepas dengan gmail atau di sebut sebagai google mail. Email tidak sebatas pada gmail saja tapi sangat banyak sekali di dunia ini yang memiliki layanan email. Contohnya adalah yahoo mail,yahoo juga sebagai pelopor kemajuan email di jamannya. Seberapa pentingkah atau seberapa berpengaruhkah menulis email? Jawabannya adalah sangat relatif sebab itu tergantung dari kebutuhan kita terhadap