Skip to main content

Bagaimana cara supaya mata cepat ngantuk tidur malam bangun pagi

Artikel ini terkait mengenai cara supaya cepat tidur.
Banyak di luar sana orang yang bermasalah dengan tidur malam.Bisa di bilang susah tidur malam disebut dengan istilah insomnia.Para penderita insomnia ini sering mengalami susah tidur di malam hari yang di sebabkan oleh beberapa hal.Kalau lagi susah tidur di malam hari kita sering bertanya tanya bagaimana cara supaya cepat tidur?Caranya adalah sangat mudah anda tinggal baca postingan saya ini sampai habis.Di postingan ini saya akan menjelaskan dengan detail masalah dan cara supaya cepat tidur.

Berbagai tips agar tidur dengan cepat sudah banyak bertebaran di blog lainnya.Namun saya akan menulis ulang tentang trik ini dan memberi trik tambahan agar tidur lebih pulas di malam hari.Tentunya tips cepat bobok bagi orang yang susah tidur bisa memiliki efek yang berbeda,sebab tidak semua orang punya persepsi yang sama dalam menjalankan trik mengatasi insomnia ini.

cara agar mata cepat tidur

Salah satu cara agar kita mudah terlelap saat tidur di malam hari adalah dengan menerapkan pola tidur dan kebiasaan yang teratur.Sebab tanpa itu kita akan merasa kesulitan jika ingin tidur lebih dini di malam hari.

Salah satu kebiasaan yang harus di terapkan adalah sebagai berikut.

1.Kurangi tidur siang
Yang pertama adalah jangan terlalu lama tidur siang karena hal ini bisa mengganggu pola tidur anda.Terlalu lama tidur siang akan membuat mata anda terjaga di malam hari.Sebab kebutuhan tubuh untuk tidur sudah terpenuhi di siang hari dan alhasil saat malam, mata akan sangat sulit terpejam untuk tidur.

2.Kurangi atau jangan mengkonsumsi kafein atau kopi
Jika anda punya kebiasaan minum kopi yang berlebih maka mulai sekarang kurangi kebiasaan ini.Caffein membuat tubuh menjadi segar dan mata menjadi terang hal ini akan mempersulit tubuh untuk istirahat.Karena caffein memicu tubuh untuk aktif beraktifitas dan memaksa tubuh agar tetap terjaga.
Meminum kopi di malam hari merupakan hal yang buruk jika anda menginginkan tidur yang berkualitas di malam hari.

3.Hentikan kebiasaan merokok
Kandungan nikotin di dalam rokok akan membuat mata anda tetap terjaga sepanjang waktu.Lagi pula merokok merupakan kebiasaan yang buruk dan sudah pasti tidak sehat bagi tubuh kita.
Mulai sekarang hentikan kebiasaan merokok terutama menjelang saat saat tidur malam.Sebab hal ini akan mengganggu tubuh anda untuk beristirahat.

4.Jangan menonton film horor
Menonton film horor akan mengakibatkan psikologis anda menjadi tegang,bawaannya takut.Kadang setelah menonton film horor kalau lagi di kamar imaginasi kita ketakutan,takut ada yang meluk dari belakang,takut ada sesuatu di kolong ranjang,takut gulingnya berubah jadi pocong.Hal hal yang demikian sangat mengganggu pikiran sehingga anda akan kesulitan untuk beranjak tidur.
Menonton film horor juga akan meningkatkan hormon adrenalin sehingga tubuh anda menjadi aktif dan kesulitan untuk beristirahat.

Cara agar ngantuk berat

5.  Suhu ruangan jangan terlalu panas
Pernahkah anda merasakan gerah saat di kamar tidur?
Pastinya akan merasa kesulitan ya saat ingin tidur jika suhu ruangan sangat panas.Hidupkan AC atau juga bisa mendinginkan ruangan dengan menggunakan kipas angin.Perlu diingat saat menggunakan kipas angin jangan langsung mengarah ke tubuh anda ,hal ini sangat tidak disarankan karena akan mengganggu kesehatan anda.

Gunakan kipas angin dengan mengarahkan ke tempat lain,misalnya ke arah dinding sebelah anda.Jadi angin yang berhembus ke tubuh anda hanyalah angin yang terpantul dari dinding sebelah anda.

Jika tidak ada kipas angin anda bisa tidur di lantai.Yang terpenting anda merasa nyaman dan tidak kepanasan karena suhu ruangan yang panas.

6.Matikan lampu di kamar tidur anda
Cahaya yang terang sangat mengganggu kita jika ingin tidur,lagi pula tidur dengan lampu menyala juga tidak baik untuk kesehatan.
Namun jika anda takut dengan kegelapan anda bisa menggunakan lampu yang remang remang saja.Intinya jangan terlalu terang dan menyilaukan mata karena hal ini sangat mengganggu kenyamanan saat anda tidur.

7.Kamar yang bersih dan wangi

Kenyamanan anda tidur sangat dipengaruhi oleh aroma,aroma yang busuk akan sangat mengganggu anda tidur.Anda bisa menggunakan pengharum ruangan seperti aroma lavender di ruangan atau di kamar tidur anda.Aroma lavender ini bisa di jadikan aroma terapi dan merupakan sebuah cara cepat tidur dalam 5 menit.

Begitu juga dengan kebersihan tempat tidur anda,sangat mempengaruhi kualitas kenyamanan tidur anda.
Sering sekali kita menemui pasir atau kotoran di atas kasur.
Biasanya pasir atau kotoran ini di bawa oleh kaki kita yang tidak sengaja kita bawa saat berjalan.
Untuk itu biasakan membersihkan kaki sebelum beranjak tidur serta bersihkan ranjang tempat tidur anda.

8.Suasana sekitar harus tenang dan nyaman
Jika kita tidur di tempat yang ramai sudah pasti kita akan kesulitan untuk memejamkan mata dan terlelap.Maka carilah tempat atau ruangan yang tenang dan nyaman agar istirahat anda tidak terganggu.Karena tempat yang bising akan mempersulit proses relaksasi tubuh dan jiwa kita.

9.Jangan terlalu banyak pikiran
Salah satu cara supaya cepat tidur nyenyak adalah jangan terlalu banyak memikirkan hal hal duniawi dan segala hingar bingarnya.
Kebanyakan orang saat sudah di tempat tidur selalu memikirkan pekerjaan,pelajaran sekolah ,skripsi,hutang dan lainnya.

Jangan di pikirkan,saat anda sudah berada di tempat tidur lupakan segala pikiran tentang rutinitas anda.
Ada waktunya anda memikirkan rutinitas tapi bukan di tempat tidur saat anda ingin beristirahat.Hal ini akan mempersulit anda untuk tidur dengan nyenyak.

10.Pakailah pakaian yang lembut dan longgar
Pakaian juga harus di perhatikan agar cara supaya cepat tidur di malam hari berjalan dengan mulus.Pakaian yang ketat akan terasa tidak nyaman saat anda beranjak tidur,sangat di sarankan untuk tidak memakai celana dalam bagi pria.Karena jika pria memakai celana yang ketat atau celana dalam maka akan mempengaruhi kesuburan pria tersebut.
Jadi lebih baik untuk tidak memakai celana dalam bagi pria.

Dan untuk wanita lebih baik anda tidak perlu memakai BH atau kutang saat tidur.Karena pemakaian BH tidak baik bagi kesehatan payudara anda.Menurut info yang saya baca bahwa pemakaian BH pada saat tidur bisa meningkatkan resiko kanker payudara.

cara agar cepat tidur dalam islam

11.Berdzikir dalam hati
Bagi umat islam jika ingin cepat tidur dengan nyenyak kita harus berdzikir.
Metode ini juga sering saya gunakan dan merupakan cara agar cepat tidur walaupun tidak ngantuk.Dengan berdzikir sekalipun anda tidak mengantuk langsung bisa mengantuk,setidaknya itu yang saya rasakan.

Dzikir adalah kata atau do'a yang diulang ulang,mungkin saat kita sedang berdzikir dan mengulang kata yang itu itu saja maka pikiran kira akan lelah dan mengantuk dengan sendirinya.

Cara tidur cepat tanpa obat

12.Dengan metode 4,7,8
Ini adalah metode simple agar kita bisa cepat tertidur dengan pulas.
Caranya adalah
* Berbaringlah dalam keadaan rileks dan santai.
* Tarik nafas dalam dalam melalui hidung selama 4 detik.
* lalu tahan nafas selama 7 detik.
* Kemudian hembuskan nafas anda melalui mulut selama 8 detik.

Ulangi cara diatas secara continue insyaAllah anda akan mengantuk berat.

13.Melihat photo orang menguap
Orang yang memiliki rasa empati terhadap sesama maka dia akan ikut mengantuk saat orang lain menguap bahkan kadang dia juga ikut menguap.
Begitu juga saat orang lain tertawa terbahak bahak maka dia juga akan tertawa juga.Menguap dan tertawa itu sebenarnya mudah menular,untuk orang yang punya empati yang tinggi dengan orang lain.

Namun berbeda dengan orang yang memiliki empati yang rendah,mereka cenderung tidak mudah tertular dengan menguap ataupun saat orang lain tertawa.

Hal ini lah yang mengilhami saya untuk memajang photo orang yang sedang menguap di postingan ini, dengan harapan anda yang membaca ikut menguap dan mengantuk.

14.Minum susu
Dengan meminum segelas susu maka anda akan rileks dan bisa mengantuk.
Sediakan segelas susu setiap kali anda mau tidur dan minumlah susu tersebut sebelum anda tidur.

15.Membaca buku
Membaca buku saat malam hari akan mengakibatkan mata anda lelah,dan ini sangat baik bagi anda yang susah tidur.Karena membaca buku saat malam hari merupakan cara agar cepat tidur bagi penderita insomnia.Bacalah buku yang kira kira bisa membuat anda bosan membacanya maka anda akan merasakan ngantuk karena mata dan pikiran anda lelah mencerna bahan bacaan yang anda baca.
Baca juga tentang Cara mengatasi insomnia

16.Menghitung domba putih
Cara ini sudah terhitung kuno namun dari dulu hingga sekarang masih digunakan untuk membuat mata terpejam saat malam hari.
Caranya sangat mudah ,anda hanya tinggal berbaring di tempat tidur,pejamkan mata anda nah sekarang tinggal bayangkan dan lihat di pikiran anda banyak domba berwarna putih.
Lihatlah satu persatu dan hitung mereka semua,ulangi dan hitung terus sampai anda tertidur.

17.Olah raga kecil sebelum tidur
Dengan melakukan gerakan gerakan kecil akan membantu tubuh anda merasa lelah.Cukup lakukan olah raga kecil saja asal bisa berkeringat sudah cukup.Dengan begitu tubuh akan merasa lelah dan mengantuk ,hal ini cukup membantu agar anda bisa tidur pulas.

18.Mensugesti diri sendiri
Ini adalah permainan self hipnotis,anda mensugesti diri sendiri agar bisa rileks dan tertidur.Bagaimana cara agar cepat tidur dengan mensugesti diri sendiri?
Caranya adalah sangat sederhana,
* Anda cukup berbaring dan regangkan otot otot di tubuh anda.
* Tarik nafas dalam dalam lalu hembuskan perlahan,dan rasakan tubuh anda mulai rileks dan santai.
* Kemudian pejamkan mata anda.
* Bicaralah dalam hati,
"Aku mengantuk aku santai,mataku terasa berat dan mengantuk" ulangi terus menerus.
* Rasakan mata anda mulai berat,rasakan mata anda mulai susah untuk dibuka.
* Masuklah ke dalam alam tidur anda jauh lebih dalam dan jauh lebih dalam.

Cara seperti ini sudah sangat sering saya gunakan dan alhamdulilah berhasil.
Cara ini merupakan cara favorit saya dan merupakan cara agar cepat tidur walaupun tidak mengantuk.Karena kekuatan sugesti mampu mempengaruhi alam bawah sadar kita untuk rileks dan tertidur.

Tips tidur menggunakan sugesti ini merupakan cara supaya cepat tidur siang yang sering saya gunakan saat jam istirahat kerja.

cara agar cepat tidur setelah minum kopi


Nah kalau setelah anda selesai minum kopi dan mata anda terasa terang benderang.Mungkin anda mulai merasa gelisah karena besok takut terlambat pergi kerja atau telat pergi sekolah.
Saya juga pernah demikian,
jika sudah di posisi ini mau tidak mau menggunakan obat tidur agar bisa cepat tidur.Ini dikarenakan reaksi kopi sangat kuat apalagi kopi yang anda minum sudah berlebih.
Anda bisa membelinya di apotik terdekat,kalau malam hari ya belinya di apotik yang buka 24 jam.

Itu tadi penjelasan saya mengenai cara supaya cepat tidur,semoga apa yang telah saya sampaikan bisa memberi wawasan agar anda yang menderita insomnia bisa dengan mudah tertidur di malam hari.

Comments

Popular posts from this blog

cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula

Mungkin sebagian teman pembaca pernah ya punya pengalaman mencari teman di facebook lewat email kok susah banget ketemunya. Artikel sebelumnya Daftar facebook cara gaul era modern dan saat ini kita akan membahas mengenai cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula Hal ini juga merupakan pengalaman pribadi saya.Saat saya mencari teman cewek di facebook menggunakan email. Jadi begini,Waktu itu saya pernah kenalan sama seorang cewek di salah satu kebun binatang.Gak cakep cakep amat sih tapi cantik juga hehe... Nah pas waktu kenalan kita ngobrol ngalor ngidul gak jelas.wajarlah kita sama sama lagi canggung soalnya baru saja kenalan. Nah setelah puas ngobrol gak jelas arah dan tujuannya akhirnya saya memberanikan diri untuk minta no hape si cewek itu sebut saja namanya paijem (bukan nama sebenar). Tapi ternyata eh ternyata si paijem tidak ngasih nomor handphonenya,tapi justru ngasih alamat emailnya "paijemcellaucetyadandimanja@yuhuu.com&quo

Cara mencari teman di michat serta fitur pendukungnya

Hari ini tioalvino akan membahas tutorial mengenai cara mencari teman di michat . Kalian sudah pasti tahu tentang michat,aplikasi pencarian teman dan instant messenger.Di dalam aplikasi ini pengguna akan di pertemukan dengan pengguna lain dan saling mengobrol dengan berbagai topik pembicaraan. Bagi yang belum berpengalaman mencari teman di aplikasi michat jangan khawatir,saya akan menjelaskan tata cara mencari teman di aplikasi ini. Di era sekarang ini aplikasi jejaring sosial semakin menjamur, dimana seseorang akan semakin mudah berkenalan dengan orang lain di luar sana.Bukan hanya berkenalan dengan orang dalam negeri alias lokal,melainkan juga bisa berkenalan dengan orang yang berada di luar negara kita indonesia tercinta ini. Pertumbuhan penduduk dunia yang semakin bertambah serta mobilitas keseharian manusia yang semakin kompleks serta kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat.Mendorong kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat.Hal ini lah yang menjadi ala

Cara mengirim email lewat hp android di chrome

Postingan kali ini tioalvino akan membahas tentang cara mengirim email lewat hp.Pengiriman email bisa di lakukan di pc atau komputer namun seiring berjalannya teknologi mobile atau smartphone maka mengirim email bisa di lakukan lewat smartphone android di era sekarang ini. Sebagai pelopor chat berbasis elektronik atau digital ,email bisa dikatakan memiliki track record yang lumayan panjang dalam ranah digital. Berbagai layanan digital saat ini selalu menyertakan email sebagai pendukung dalam pelaksanaan layanan tersebut.Contoh saja google,setiap kita memakai produk google maka kita tidak akan lepas dengan gmail atau di sebut sebagai google mail. Email tidak sebatas pada gmail saja tapi sangat banyak sekali di dunia ini yang memiliki layanan email. Contohnya adalah yahoo mail,yahoo juga sebagai pelopor kemajuan email di jamannya. Seberapa pentingkah atau seberapa berpengaruhkah menulis email? Jawabannya adalah sangat relatif sebab itu tergantung dari kebutuhan kita terhadap