Skip to main content

cara menghemat uang belanja sehari hari dalam rumah tangga

cara menghemat uang belanja sehari hari dalam rumah tangga

Anda para ibu rumah tangga terkadang bingung dengan mengelola uang belanja yang minim tapi pengeluaran rumah tangga makin hari semakin meningkat.
Untuk itu saya akan mengulas hal hal mengenai cara menghemat pengeluaran rumah tangga,tips belanja hemat dalam rumah tangga,trik belanja hemat sehari hari di dalam rumah tangga dan hal hal yang masih terkait pengeluaran rumah tangga.

Tidak bisa dipungkiri makin hari harga kebutuhan pokok semakin melambung,dan anda para istri tentu akan semakin pusing mengatur kebutuhan rumah tangga.Di tambah biaya anak sekolah yang semakin meningkat,tambah pusing aja ya hidup di jaman sekarang.

Bagi anda yang masih singgle mungkin tidak terlalu pusing dengan masalah rumah tangga.
Ya walaupun kebutuhan singgle juga kadang tidak bisa dibilang sedikit.Tapi itu tergantung dari pola hidup pribadi masing masing juga sih.

Nah bicara mengenai kebutuhan rumah tangga tentu tidak akan lepas dari pola hidup dari anggota keluarga itu sendiri.
Kalau pola hidupnya serba mewah ya sudah tentu pengeluaran biaya rumah tangga juga akan semakin besar tentunya.

Bisa di katakan mengatur kebutuhan rumah tangga bagi para istri tergolong susah susah gampang ya.
Manajemen keuangan dalam rumah tangga tentu akan memusingkan para ibu ibu jika jatah uang belanja sangat minim atau sangat pas pasan.Menderita banget ya hehe..

Baiklah dari pada panjang lebar,saya akan mengurai satu persatu mengenai cara mengatur keuangan belanja di dalam rumah tangga
Sebelumnya saya kemarin telah menulis artikel mengenai penyebab suami tidak bergairah dengan istri waspadai sebelum terlambat
Anda bisa membacanya bila suami anda menunjukkan gejala penurunan gairah.

Baik kita kembali ke tema mengenai cara mengelola uang belanja dan tips belanja hemat dalam rumah tangga

1.Sadar keuangan
Apa itu sadar keuangan?
Sadar keuangan yang saya maksud disini adalah tahu persis bagaimana keuangan anda.
Anda harus tahu betul jumlah uang yang anda miliki dan berapa rata rata pengeluaran anda.Baik perhari,perminggu,ataupun perbulan.Dengan sadar keuangan akan memudahkan anda untuk mengatur masalah keuangan di rumah tangga anda.

2.Mengutamakan kebutuhan primer
Yang dimaksud mengutamakan kebutuhan primer adalah mengutamakan atau mendahulukan kebutuhan yang pokok atau yang penting.Belanja bahan makanan misalnya.Jangan terbalik.Biasanya ibu ibu suka goyang imannya ketika kepasar terus melihat diskon barang yang kadang tidak terlalu penting.Mulai sekarang jangan di biasakan ya para ibu ibu.Dahulukan saja membeli barang yang memang sangat di butuhkan.

3.Cari info sebanyak banyaknya tempat belanja yang murah
Anda harus tahu,bahwa sesungguhnya beda tempat beda harga.Ini sudah menjadi rahasia umum.Bahwa setiap penjual terkadang menjual barang dagangannya jauh lebih murah di bandingkan dengan penjual lainnya.Biasalah penjual ingin memenangkan persaingan dengan menjual barang lebih murah agar konsumen mau belanja di tempatnya.

4.Pilih barang bagus walaupun murah
Udah pengen harga yang murah pengen yang bagus lagi enak benar haha....
Ya wajarlah semua orang pengennya gitu kan.
Harga murah tapi tidak murahan.
Karena itu meski anda membeli barang murah anda harus teliti memilih barang yang anda beli.Sebab ada penjual yang nakal dengan menjual barang yang murah tapi barang yang di jual tidak bagus.
Yang lebih diperhatikan ketika membeli bahan makanan,harus lebih hati hati,bisa jadi barang yang dijual murah eh sudah kadaluarsa atau sudah basi.
Untuk itulah kita harus cerdas dan jeli setiap membeli barang yang jauh lebih murah di banding harga normal.

5.cari bahan atau barang alternatif
Bahan alternatif artinya mencari bahan pengganti apabila bahan yang ingin di beli terlalu mahal.Anda bisa mencari barang yang lebih murah dibanding harga yang seharusnya anda beli tapi masih memiliki fungsi yang sama.Misalnya harga bahan bakar minyak tanah semakin mahal,anda bisa menggantinya dengan bahan bakar kayu,arang,gas ataupun batu bara.Yang penting bisa masak ya kan?
Begitu juga dengan barang lainnya.

6.Pangkas kebutuhan yang tidak perlu
Yang namanya kebutuhan banyak ragamnya.
Apalagi dalam rumah tangga kebutuhan anak ataupun suami dan istri kadang juga bermacam macam dan beraneka ragam.Kalau semua dituruti ya tentunya juga akan memakan banyak biaya.Anda para ibu ibu harus jeli menyikapi hal ini.

7.cari diskon
Masih ada hubungannya dengan poin nomor 3 tentang mencari penjual yang menjual barang dagangannya dengan harga murah,tapi ini sedikit berbeda karena barang yang di jual bisa lebih murah di banding harga di hari biasanya.
Ya namanya diskon tidak selalu setiap hari,cuman di hari hari tertentu saja.Misalnya di hari hari besar atau sedang ada pembukaan atau launching produk tertentu.Tetapi harus diingat meskipun diskon kita harus mempertimbangkan bahwa barang yang kita beli harus benar benar di butuhkan,maksudnya adalah barang yang penting dan diutamakan.

8.Belanja dengan uang tunai
Berbelanjalah dengan uang tunai karena akan memudahkan anda dalam mengontrol pengeluaran anda.
Jika anda menggunakan kartu credit akan susah mengontrol pengeluaran anda.
Biasanya kalau kita menggunakan kartu kredit sering tidak terasa menghabiskan limit.
Saking enaknya gesek menggesek sampai lupa batas limit sudah mendekati.
Jadi sangat tidak di sarankan menggunakan kartu kredit jika ingin menerapkan pola hemat dalam mengatur keuangan.Sebab tidak semua tempat untuk membeli barang menerima pembayaran dengan kartu kredit ,maka akan semakin sempit pilihan tempat untuk berburu barang murah.

Tapi bagi anda yang mahir mengatur keuangan meski menggunakan kartu kredit ya silahkan sih.

Nah itu tadi pembahasan saya mengenai cara menghemat uang belanja sehari hari dalam rumah tangga,jika ada yang kurang atau kurang tepat silahkan tambahkan melalui kolom komentar dibawah.Agar bisa bermanfaat bagi pembaca yang lainnya.
Terima kasih.

Comments

  1. Excellent web site you have here.. It's hard to find excellent writing like yours
    these days. I honestly appreciate people like you!
    Take care!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, I am very glad you want to visit my site

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula

Mungkin sebagian teman pembaca pernah ya punya pengalaman mencari teman di facebook lewat email kok susah banget ketemunya. Artikel sebelumnya Daftar facebook cara gaul era modern dan saat ini kita akan membahas mengenai cara mencari teman di facebook lewat email untuk pemula Hal ini juga merupakan pengalaman pribadi saya.Saat saya mencari teman cewek di facebook menggunakan email. Jadi begini,Waktu itu saya pernah kenalan sama seorang cewek di salah satu kebun binatang.Gak cakep cakep amat sih tapi cantik juga hehe... Nah pas waktu kenalan kita ngobrol ngalor ngidul gak jelas.wajarlah kita sama sama lagi canggung soalnya baru saja kenalan. Nah setelah puas ngobrol gak jelas arah dan tujuannya akhirnya saya memberanikan diri untuk minta no hape si cewek itu sebut saja namanya paijem (bukan nama sebenar). Tapi ternyata eh ternyata si paijem tidak ngasih nomor handphonenya,tapi justru ngasih alamat emailnya "paijemcellaucetyadandimanja@yuhuu.com&quo

Cara mencari teman di michat serta fitur pendukungnya

Hari ini tioalvino akan membahas tutorial mengenai cara mencari teman di michat . Kalian sudah pasti tahu tentang michat,aplikasi pencarian teman dan instant messenger.Di dalam aplikasi ini pengguna akan di pertemukan dengan pengguna lain dan saling mengobrol dengan berbagai topik pembicaraan. Bagi yang belum berpengalaman mencari teman di aplikasi michat jangan khawatir,saya akan menjelaskan tata cara mencari teman di aplikasi ini. Di era sekarang ini aplikasi jejaring sosial semakin menjamur, dimana seseorang akan semakin mudah berkenalan dengan orang lain di luar sana.Bukan hanya berkenalan dengan orang dalam negeri alias lokal,melainkan juga bisa berkenalan dengan orang yang berada di luar negara kita indonesia tercinta ini. Pertumbuhan penduduk dunia yang semakin bertambah serta mobilitas keseharian manusia yang semakin kompleks serta kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat.Mendorong kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat.Hal ini lah yang menjadi ala

Cara mengirim email lewat hp android di chrome

Postingan kali ini tioalvino akan membahas tentang cara mengirim email lewat hp.Pengiriman email bisa di lakukan di pc atau komputer namun seiring berjalannya teknologi mobile atau smartphone maka mengirim email bisa di lakukan lewat smartphone android di era sekarang ini. Sebagai pelopor chat berbasis elektronik atau digital ,email bisa dikatakan memiliki track record yang lumayan panjang dalam ranah digital. Berbagai layanan digital saat ini selalu menyertakan email sebagai pendukung dalam pelaksanaan layanan tersebut.Contoh saja google,setiap kita memakai produk google maka kita tidak akan lepas dengan gmail atau di sebut sebagai google mail. Email tidak sebatas pada gmail saja tapi sangat banyak sekali di dunia ini yang memiliki layanan email. Contohnya adalah yahoo mail,yahoo juga sebagai pelopor kemajuan email di jamannya. Seberapa pentingkah atau seberapa berpengaruhkah menulis email? Jawabannya adalah sangat relatif sebab itu tergantung dari kebutuhan kita terhadap